Updates from richilia Toggle Comment Threads | Keyboard Shortcuts

  • richilia 1:40 am on May 31, 2011 Permalink | Reply  

    Intimidasi dengan kebaikan 

    Tuhan berkata jika kita ingin memberikan persembahan lipatlah dan jangan diketahui tangan kirimu.

    ” Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu” (Matius 6:3)

    Itulah prinsip pemberian yang baik. Bukan diketahui banyak orang bahwa kita telah memberi. Jika semua orang tau, apakah upahnya? Tuhan berkata kita sudah menerima upahnya.

    ” … Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya” (Matius 6:5)

    Yakni pujian, penghargaan, pandangan yang positif, rasa hormat dari orang lain dsb.

    Hanya orang yang berjiwa besar yang melakukan sesuatu tanpa mengharapkan rasa terima kasih.

    Lalu apakah untungnya jika kita berhasil memberi dengan tersembunyi? Pertama, orang yang kita tolong akan merasa dihargai, karena apa yang kita lakukan untuknya benar-benar sesuatu yang spesial yang hanya kita dan dia yang tau. Kedua, kita adalah orang yang dapat dipercaya karena kita dapat menyalurkan pemberian dengan tepat. Ketiga, kita dapat mengatasi kesombongan yang akan muncul karena terbukti bukan pujian atau penghargaan yang kita cari. Keempat, kita akan menerima balasan dari Tuhan.

    “Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu” (Matius 6:4).

    Karena apa yang kita tabur itulah yang kita tuai.

    Lalu bolehkan kita mengungkit-ungkit mengenai kebaikan yang pernah kita lakukan? Pikirkanlah, apakah itu berguna? Jika itu tidak berguna untuk apa dilakukan? Mungkin ada beberapa alasan klise untuk menutupi apa yang ada di dalam hati. Biasanya adalah :
    1. Just mengingatkan bahwa kita baik, kita perhatian dan bla..bla..bla.. Jujur deh, sebenarnya motivasi kita berkata begitu hanya untuk mengingatkan or menyadarkan bahwa dia berhasil dan sukses karena kita, bukan?
    2. Just supaya dia ngak jadi orang yang seperti “kacang lupa kulitnya”. Jujur deh, sebernarnya kita mau berkata bahwa dia harus tau diri, bukan?
    3. Just supaya dia menghargai apa yang sudah kita lakukan. Jujur deh, supaya menghargai or supaya kita yang dihargai? Supaya orang yang telah menerima kebaikan kita itu hormat kepada kita, bukan?
    4. Just supaya dia ngak jadi orang yang membalas “air susu dengan air tuba”. Jujur deh, sebenarnya kita mengharapkan balasan yakni kebaikan dari dia kan?

    Hayooo… selidiki apa yang ada di dalam hati kita sebenarnya. Bisa jadi apa yang kita katakan manis pada bibir, ngak sesuai dengan apa yang ada di dalam hati kita. Kembali lagi, jadi apa gunanya kalau kita mengungkit-ungkit mengenai kebaikan yang kita lakukan? ngak ada sama sekali, bukan? malahan kita hanya akan menyakiti hati orang yang telah menerima kebaikan kita.

    Ketulusan dapat terlihat pada saat kita memberikan kebaikan kepada orang lain tanpa mengingatnya kembali dan tanpa mengharapkan suatu ketika orang yang menerima kebaikan kita itu melakukan hal yang sama kepada kita.

    Ingatlah pada saat kita marah, sedih dan kecewa terhadap seseorang jangan gunakan kebaikan yang pernah kita lakukan sebagai senjata untuk mengintimidasi seseorang itu. Jangan gunakan prinsip bisnis yang berkata “banyak memberi, harus banyak menerima, banyak memberi, punya hak untuk menuntut banyak hal” tetapi peganglah janji Tuhan yang berkata “banyak memberi, akan diberkati”.

    Berkat itu datang dari Tuhan, bukan dari seseorang yang menerima kebaikan kita.

    Belajarlah mengikuti teladan Tuhan Yesus, pada saat Dia menerima perlakuan yang buruk dari muridnya. Adakah Dia mengungkit-ungkit kebaikan yang pernah Ia lakukan? Sama sekali tidak. Pada saat Yudas menghianati Yesus. Yesus hanya menegurnya.

    “Hai Yudas, engkau menyerahkan Anak Manusia dengan ciuman?” (Lukas 22:48).

    Dan pada saat Petrus kembali dalam kehidupannya yang lama setelah ia menyangkal Yesus. Yesus hanya berkata :

    “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” (Yohanes 21:15-17)

    Ingat sobat untuk menyadarkan seseorang yang kita kasihi yang mengecewakan kita, cukup dilakukan dengan kasih. Jangan intimidasi dia dengan segala kebaikan yang pernah kita lakukan untuknya. Tuhan Yesus aja ngak pernah seperti itu, lalu siapakah kita punya hak demikian? Ingatlah bahwa segala sesuatu berasal dari Dia.

    “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia : Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya” (Roma 11:36).

    So.. jangan ada orang yang memegahkan diri.

    Jikalau berkat itu mengalir dari kita, itu bukan karena kehebatan kita dan kesuksesan kita. Tetapi itu semua karena Tuhan mempercayakannya kepada kita dan Ia ingin memakai kita untuk menjadi saluran berkat bagi orang-orang disekeliling kita.

    Advertisements
     
  • richilia 6:34 am on June 28, 2010 Permalink | Reply  

    Hadiah Lajang 

    Diberkatilah engkau, kaum lajang,

    Jangan bicarakan kuatir atau kutuk.

    Terlalu banyak yang engkau terima untuk disyukuri,

    Oh apakah, yang engkau ingin ketahui.

    Tidak ada kesalahan, tidak ada salah pengarahan

    Dalam rancangan Allah yang sempurna.

    Bahwa engkau belum menemukan gadis istimewamu,

    Atau pria istimewamu.

    Allah begitu mengasihimu dan Ia memiliki begitu banyak

    Untuk diberikan, daripada apa yang pernah engkau terima.

    Bahwa saat ini, Dia sedang memberikan padamu yang terbaik dari-Nya.

    Engkau harus benar-benar mempercayai-Nya.

    Yang terbaik dari-Nya adalah diri-Nya,

    Apa engkau memiliki-Nya secara utuh

    Atau hanyalah secuil pada tepinya.

    Tidak ada orang yang dapat memenuhi kebutuhanmu seperti Allah,

    Pengantin yang cantik pun tidaklah dapat.

    Jika hidupmu belum lengkap, ketahuilah Yesus.

    Dan hidupmu akan diisi-Nya.

    Hanya jika engkau meletakkan-Nya,

    Sebagai yang pertama setiap harinya.

    Dan hidup untuk melakukan kehendak-Nya.

    Ia mengaruniaimu dengan ketidakterusikan.

    Pengabdian kepada Tuhan.

    Tidak ada yang dapat merintangimu,

    Di dalam Dia dan di dalam doa dan di dalam Firman.

    Kecuali engkau lengah menjaga hatimu.

    Dan membiarkan yang lain mengambil ahli tempat-Nya.

    Maka engkau akan kekurangan sukacita, dan damai dan putus asa,

    Dan tidak mengalami anugrah-Nya.

    Jadi berikanlah kembali hatimu kepada Allah.

    Biarkan Ia yang menyimpannya dengan aman bagimu.

    Dan saat menjadi lebih baik dari yang terbaik dari-Nya.

    Dia akan membuat tunggalmu menjadi dua.

    By : Donna L Mihura (Lady in Waiting)

     
    • riuw 12:35 am on July 1, 2010 Permalink | Reply

      pantesan koq kyk pernah baca, ahhhaa.. 😀

    • lunniey 10:57 am on July 1, 2010 Permalink | Reply

      Bagus ya puisinya.. bagus banget buat anak2 muda yang ngeributin masalah pasangan hidup yang tak kunjung tiba 😛

  • richilia 1:52 am on June 3, 2010 Permalink | Reply  

    Pelangi Biru 

    Pelangi … pelangi … alangkah indah mu …

    Merah, kuning, hijau di langit yang biru …

    Pelukis mu Agung …

    Pelangi … pelangi … ciptaan Tuhan ^^


    “Suster, kenapa namaku Joy” Tanya seorang gadis kecil berusia 5 th.

    “Joy berarti kebahagiaan, orang tua mu menghendaki kamu selalu bahagia” jawab suster Marta, pengasuh sebuah panti asuhan.

    “Tapi aku tidak pernah merasa bahagia, aku tidak suka nama itu” bantah Joy

    “Aku mau ganti nama. Ganti namaku Suster. Gantilah dengan apa saja!” pinta Joy

    “Apalah arti sebuah nama, sayang” jawab suster Marta. Lalu ia melanjutkan “Ada sebuah kisah, ada seorang wanita bernama Naomi yang telah kehilangan suami dan kedua anak laki-lakinya. Naomi pulang kembali ke negeri asalnya bersama seorang menantunya yang sangat setia. Karena kepahitan hidup yang ia rasakan, ia mengganti namanya menjadi Mara. Tapi pada akhir hidupnya Tuhan memberikan kebahagiaan dan sukacita kepadanya”.


    “Cita-cita dan tujuan hidupku adalah untuk balas dendam” kata Mara dengan tatapan dingin.

    “Tidak bisakah kita kembali seperti dulu, bahagia pada masa kanak-kanak kita. Lupakanlah masa lalu mu Joy” pinta Renata

    Mara yang adalah Joy teringat kembali akan masa kanak-kanaknya di sebuah Panti Asuhan.

    “Joy sini” Renata menarik tangannya. “Kau lihat garis melengkung itu” tunjuk Renata.

    “Indah sekali” seru Joy. “Itu pelangi, sehabis hujan selalu muncul pelangi. Kau tau apa artinya” Tanya Re. Joy menggeleng. “Artinya setiap kesedihan kita akan berlalu, sama seperti hujan yang akan berlalu dan digantikan dengan pelangi. Pelangi itu seperti janji Tuhan, yang akan memberikan kita kebahagiaan”. “Kau suka warna apa Re?” Tanya Joy. “Aku suka warna biru” dengan senyum mengembang Re mengatakannya.


    Pelangi Biru karya Agnes Jessica adalah novel yang aku baca pada saat week end beberapa minggu yang lalu. Karna sangat seru aku menghabiskan 1 setengah hari untuk membacanya. Ceritanya sungguh sangat tragis. Seorang gadis kecil berusia 4 th yang melihat lansung pembunuhan papanya. Ia ditinggalkan oleh ibu kandungnya yang pergi ke luar negeri bersama seorang pria yang dicintai mamanya. Sebenarnya Joy dititipkan sementara ke teman mamanya. Tapi tante yang jahat itu meninggalkan Joy di sebuah Panti Asuhan setelah ia menghabiskan uang titipan mamanya Joy. Satu-satunya sahabat yang dimiliki Joy adalah Renata. Tapi Renata juga harus pergi meninggalkannya karna diadopsi. Joy tumbuh jadi gadis yang tertutup, tanpa kasih sayang dan penuh kebencian kepada keluarganya. Setelah dewasa Joy yang telah mengubah namanya menjadi Mara, menjadi penyanyi terkenal yang memiliki kesempatan besar untuk mewujudkan mimpinya yaitu balas dendam. Pertemuan kembali dengan Renata pun tidak dapat mencairkan kebencian yang dirasakannya selama bertahun-tahun. Bagaimanakah kisah selanjutnya? baca aja sendiri, hehehe…

    Aku hanya ingin berbagi tentang apa yang aku dapat dari novel yang ku baca ini.

    Pertama, tentang kasih yang merupakan kebutuhan terbesar dan utama untuk setiap orang. Sekaya apapun seseorang, sehebat apapun seseorang, tetap membutuhkan kasih.

    1 Korintus 13:1- 3, 13

    Sekalipun aku dapat berkata – kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan: dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.

    Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

    Kedua, tentang bagaimana seseorang dapat memberi jika ia tidak pernah menerima. Bagaimana kita bisa mengasihi orang lain, jika kasih belum pernah kita rasakan. Definisi dari kasih aja kita gak tau. Banyak orang yang tidak bisa mengasihi bukan karna mereka tidak mau, tetapi karna mereka tidak tau bagaimana caranya mengasihi. Berbahagialah kita karna kita menerima dan merasakan kasih yang sempurna dari Tuhan. Yang memampukan kita untuk mengasihi orang disekeliling kita dengan kasih yang tulus. Tetaplah praktekan kasih dan mari ajarkan mereka yang tidak mengenal kasih untuk mengasihi.

    Ketiga, tentang kasih yang dimulai dari pengampunan. Mengasihi berarti mengampuni. Tuhan mengasihi kita, kasih-Nya yang besar itu dibuktikan melalui pengampunan yang Dia berikan di atas kayu salib.

    Mazmur 103:12

    sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.

    Melupakan segala kepahitan yang kita terima dari orang-orang terdekat kita memang sulit tetapi bukan berarti tidak bisa. Menjadi tidak bisa jika kita hanya mengandalkan kasih yang kita miliki. Kita bisa mengampuni mereka dengan kasih yang tak terbatas dari Allah. Jangan curang, masa Tuhan sudah mengampuni kita tetapi kita tidak bisa atau lebih tepatnya tidak mau untuk mengampuni orang lain. Mengampuni orang lain harus dimulai juga dari mengampuni diri sendiri. Jangan meratapi diri terhadap kepahitan hidup yang kita rasakan atau menyalahkan diri sendiri terhadap kegagalan yang kita lakukan. Bangkitlah, selalu ada kesempatan untuk jadi lebih baik selama kita masih mau untuk memperjuangkannya.

    Matius 18:33

    Bukankah engkau pun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau?

    Keempat, kebencian dan dendam hanya akan membuat diri kita sendiri lebih tersakiti. Orang yang hidupnya diliputi rasa kebencian dan dendam tidak akan pernah merasakan kebahagiaan. Melihat kebahagiaan aja tidak akan bisa. Ketika dia melihat kebahagiaan rasa yang akan timbul di dalam hatinya adalah rasa iri hati. Kenapa mereka bahagia? dan aku tidak. Dia akan cenderung berpikiran negatif terhadap orang yang menawarkan kebahagiaan yang tulus. Energinya, pikirannya dan hatinya hanya akan terkuras untuk memuaskan dirinya terhadap rasa kebencian. Setelah berhasilpun, dirinya tidak akan terpuaskan. Karna yang bisa memuaskan diri kita hanyalah kasih yang berasal dari Allah.

    Kelima, tanpa Allah tidak ada yang namanya kebahagiaan.

    Yohanes 14 : 6

    Kata Yesus kepadanya : “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”

    Why? Kok bertolak belakang banget yah dari kondisi / keadaan yang kita lihat disekelilingi kita. Banyak orang yang hidup di luar Tuhan yang merasakan kebahagiaan. Mereka sukses, kaya, terkenal, dibanggakan dan sepertinya tidak ada yang kurang. Tapi itu kan pendapat kita, yang cuma bisa kita lihat dari apa yang bisa dilihat. Apakah sama dengan pendapat yang mereka katakan, jika kita bertanya apakah kamu bahagia memiliki semua ini. Pasti jawabannya belum atau tidak. Belum, karna mereka berpikir masih ada yang belum ku raih, makanya aku belum bahagia. Tapi orang yang mengatakan tidak adalah orang yang betul-betul menyadari gak ada sesuatupun yang dapat membuat dirinya bahagia selain Tuhan. Dua orang yang saling mencintai akan bahagia saat akhirnya mereka bisa menikah dan hidup bersama. Tapi kebahagiaan yang mereka miliki hanyalah kebahagiaan yang egois, tanpa Tuhan di dalamnya. Meski kita udah memiliki segalanya, tanpa Tuhan di dalamnya kita tidak akan pernah benar-benar merasakan kebahagiaan. So, apakah pengertian kebahagiaan itu??

    I get joy, joy in  my heart, Jesus given to me, and no one can destroyed…destroyed…destroyed…

     
    • lunniey 4:33 am on June 14, 2010 Permalink | Reply

      Nice story ^^ oh ini ya ce yang kamu bilang tentang novelnya itu! Kalo Agnes Jessica sih aku tahu.. Emang terkenal dia.. novelnya juga udah banyak 😛
      Eniwei emang bener kalo cuma Tuhan yang bisa memberikan kita kebahagiaan sejati^^
      Nice writing…

      • richilia 11:53 am on June 23, 2010 Permalink | Reply

        iya,karena Tuhan adalah sumber segala sesuatu.

        • DavidBoanerges 6:15 pm on May 30, 2012 Permalink

          aku setuju sama kak richie..
          Tuhan itu sanggup melakukan hal yang mustahil sekalipun..
          soal kebahagiaan kita yang sejati sudah pasti Tuhan udah merencanakannya untuk kita..
          hanya saja..
          apa kita sudah hidup dalam jalan kebenaran..??
          JBU

        • richilia 8:34 am on June 2, 2012 Permalink

          ayo hidup dalam kebenaranNya 🙂 karena kebenaranNya mendatangkan kehidupan…

    • evnov 9:39 am on June 20, 2010 Permalink | Reply

      aku suka bgt sama pelangi ^^

      aku juga suka bgt sama tulisan riceeee ^^

      makasih yaa rice, udah ngasi ijin spy tulisan rice masuk ke buletin 😀

      • richilia 11:51 am on June 23, 2010 Permalink | Reply

        hehehe..sama2 Pi. yah,pelangi itu indah.

    • DavidBoanerges 5:40 pm on May 30, 2012 Permalink | Reply

      Bagus novelnya boleh tau apa nama Novelnya..
      aku kpengen baca..

      • DavidBoanerges 6:16 pm on May 30, 2012 Permalink | Reply

        di mana dapetinnya..
        ^_^
        yang punya hu8bungin aku yah di no 08988656963

        • richilia 8:35 am on June 2, 2012 Permalink

          Ini termasuk Novel lama, David bisa cari di tempat peminjaman Novel 🙂
          Btw suka baca Novel juga ya?

      • richilia 8:33 am on June 2, 2012 Permalink | Reply

        Judul novelnya : Pelangi Biru karya Agnes Jessica, sebenarnya ini udah aku tulis dipost yang ku buat :p

    • DavidBoanerges 6:17 pm on May 30, 2012 Permalink | Reply

      bales pliss

      • richilia 8:37 am on June 2, 2012 Permalink | Reply

        udah ku balas semua yaahh..thanks udah baca tulisan kita-kita…
        ikutan nulis yukk…gabung juga dengan FB kita : Komunitas Fos dan baca tulisan kita juga disini : http://www.fos-community.com

  • richilia 7:10 am on April 23, 2010 Permalink | Reply  

    God Answered My Deep Desire 

    Aku terbatas mengerti tentang diriku, tetapi Dia mengerti keseluruhannya…bahkan sampai my deep desire.

    Juli 2008

    Kalau direnungkan sekarang, aku tau dengan jelas bahwa pertemuan ku dengan kalian bukanlah suatu kebetulan. Semua telah di rancang Allah dari awal sampai akhir. Pertemuan yang sangat gak mungkin tapi karna itu kehendak Allah, toh akhirnya mungkin juga. Sebelumnya aku gak pernah dengerin RPK di siang hari, yah sekitar jam 2-an gitu. Karna aku tau dengan jelas siaran yang ada khotbahnya itu diatas jam 6 sore. Tapi toh akhirnya aku dengerin juga. Saat itu adalah detik – detik terakhir acara itu bubar. Tapi aku sempet dengerin beberapa dan mencatat kalau tanggal 5 Agustus ini akan ada konser lagunya How Great is Our God. Lagu yang aku sukai. Sorenya, aku langsung mengirimkan sms ke contact person yang ku dapat, aku utarakan keinginanku untuk bisa hadir dalam konser pujian itu. Awalnya aku hanya coba – coba, gak yakin apakah smsku akan dibales. Tapi ternyata 30 menit kemudian smsku dibales. Dan pada hari itu juga si contact person itu ngajakin aku ketemuan untuk tuker tiket. Aku menolak untuk datang pada hari itu, selain alasannya karna udah sore, aku juga masih gak yakin apakah aku akan benar – benar datang. Aku gak yakin, apakah aku akan dapat ijin untuk pergi. Tapi toh akhirnya aku datang juga. Bertemu dengan mereka di Book Store GM Bekasi untuk tuker tiket. Passion Concert Jakarta 2008 itu adalah konser pertama yang ku ikuti. Aku juga gak nyangka mamaku mengijinkan aku untuk datang. Saat aku sekolah sampai pada saat itu, aku punya jam pulang yang gak boleh melebihi jam 9 malam. Dapet ijin pulang malam dan jaraknya jauh dari Bekasi ke Jakarta, gak mungkin banget. Tapi lagi – lagi Tuhan kasih kemudahan. Setelah Passion, aku lebih kenal sama mereka. Mereka, teman – teman yang baik. Aku dipinjemin CD lagunya Chris Tomlin, Passion 1 & Passion 2, hehehe…

    Desember 2008

    Pada saat Natal dan Ulang Tahun Fos yang ke-2, aku baru kenal sama penghuni komunitas lainnya. Saat itu aku datang bersama V, temen gerejaku.

    Februari 2009

    FCF yang temanya tentang Family Love, disinilah aku benar – benar merasakan yang namanya persahabatan. Bukan berarti aku orang yang gak punya teman, dikucilkan, ditolak dan gak ada yang mau berteman dengan ku. Aku punya banyak teman, paling suka diperhatiin dan mencari perhatian, hehehe… Tapi untuk urusan hati dan masalah pribadiku, aku tertutup dan lebih suka cerita sama Tuhan dan buku harian. Karna aku pikir buat apa mereka tau, toh yang cuma bisa membantuku adalah Tuhan. Itulah alasannya kenapa aku lebih suka menyimpannya sendiri. Tapi ternyata pandangan ku salah. Cara Tuhan menolong selain dari pemahaman alkitab yang kita baca, doa yang membuat hati kita tenang dan memberikan kekuatan baru untuk melangkah, juga melalui orang – orang disekeliling kita.

    Kejadian 2 : 8  Tuhan Allah berfirman :

    “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia”

    Makanya Tuhan menghadirkan Papa, Mama, Kakak, Adik, Oma, Opa, Tante, Om, Teman – teman dan orang – orang disekelilingi kita lainnya. Yah, dengan tujuan untuk saling tolong menolong dan Tuhan memakai orang – orang terdekat kita untuk menolong kita. Manusia itu makhluk sosial, membutuhkan orang lain dan gak bisa hidup sendiri.

    Pengkhotbah 4 : 9 – 10 & 12

    Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya! Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

    Kesendirian itu gak enak, lebih enak ada seseorang yang menemani kita untuk tertawa dan menangis bersama. Terkadang kita merasakan kesendirian bukan karna gak ada seseorang yang mau berada di dekat kita atau gak ada orang yang mau peduliin kita tetapi karna keputusan diri kita sendiri. Kita lebih memilih menutup diri daripada menerima sentuhan tangan Allah melalui orang – orang terdekat kita. Dalam Unforgetable Moment inilah aku mulai bersahabat dengan V, dulunya kami gak dekat sama sekali. Malahan aku gak pernah menyangka kalau dia merasa aku merebut banyak hal darinya. Tapi itu cerita dulu, semenjak saat itu hubungan kami dipulihkan. Sekarang aku bisa tertawa dan menangis bersamanya. Sesuatu yang gak pernah aku minta, tetapi Tuhan kasih untukku. Sesuatu yang gak pernah aku pikir klo aku membutuhkannya tapi Tuhan tau aku membutuhkannya. Tuhan penjawab kebutuhanku, terima kasih.

    1 Korintus 2 : 9 Tetapi seperti ada tertulis :

    “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia”

    Dear sobat,

    Janganlah kuatir dengan apapun juga. Hal yang kamu gak minta aja udah Tuhan siapin bahkan sesuatu yang kamu gak sadar kamu membutuhkannya. Dia udah tau dan akan memberikannya di saat yang tepat. Kenapa aku bilang tepat, karna waktu Dia mengenapinya, Dia gak hanya kasih kamu satu tapi banyak hal. Itu yang ku dapat ^^

    Inilah alasanku kenapa aku bersedia untuk jadi ketua FEC tahun ini, karna tahun – tahun sebelumnya banyak berkat yang aku dapat melalui komunitas ini. Yang aku ceritain ini hanyalah sebagian kecilnya aja. Dan kerinduanku saat ini adalah aku bisa memberikan sesuatu bagi komunitas ini. Tentu saja persembahan Yang terbaik buat Allahku ^^

     
    • lunniey 3:54 pm on April 25, 2010 Permalink | Reply

      Waa rice… ceritanya mirip ma aku!! hhehheee… knl anak2 FOS jg dr radio RPK ^^
      He really did answered our deep desire :’)
      Seneng banget ce, kita bisa akhirnya kenalan .. tidak ada yang kebetulan memang 😀

    • richilia 12:16 pm on April 27, 2010 Permalink | Reply

      iya, senang bgt bisa kenal k’luni dan yang lainnya ^^ klo ceritanya k’luni kayak gmn?
      oh yah, mengenai pendapatku ttg buku Tuhan masih menulis cerita cinta, nanti yah. Soalnya aku mau share beberapa hal juga, hehehe…

    • riuw 2:39 am on May 1, 2010 Permalink | Reply

      wuuaa… its cool rice… 😀

      • richilia 12:17 pm on May 4, 2010 Permalink | Reply

        Hai k’ia, aku nulis ini karna terinspirasi sama percakapan kita waktu itu. Aku jadi ingat ada sesuatu yang aku gak menyadarinya, tapi sangat aku rindukan, dan Tuhan menjawabnya. Dashyat bener yah, Bapa kita ^^

    • evnov 3:35 am on May 3, 2010 Permalink | Reply

      soo swiiiiitt ^^

      aku juga seneng bisa kenal sama rice marice ^^v

      dan sahabat lainnya di komunitas ini 🙂

      • richilia 12:20 pm on May 4, 2010 Permalink | Reply

        Yup, aku senang bisa mengenal mu juga. Btw nama aslinya sapa yah?? hehehe.. Selamat datang yah, jadilah penghuni tetap wordpress ini.

        • evnov 3:04 pm on May 5, 2010 Permalink

          ihihihihi..

          akuu evi noviani silitonga ^^

          namaku sebelumnya di sini alay akh, jadinya ku ganti 😛

    • lunniey 6:10 am on May 13, 2010 Permalink | Reply

      @rice loh emang lum tau ceritanya yah?? ehehehh berarti pas pmutaran filmnya rice gak ada :p ntar deh kapan2 aku cerita juga ^^
      @su’ep kesian deh gak dikenalin.. whuahahahha…

  • richilia 1:46 am on March 31, 2010 Permalink | Reply  

    JAGALAH HATI 

    Jagalah hati, jangan kau nodai …

    Jagalah hati, lentera hidup ini …

    Pernah denger donk 2 baris lirik lagu diatas. Lagu tersebut cukup beken dan disukai masyarakat karna liriknya yang bagus, simple, dibawakan dengan melodi yang pas dan waktu yang tepat juga (hehehe…komennya kayak pengamat  profesional aja). Hmm…klo gak salah tuh lagu muncul, saat menjelang puasa deh. Kok bisa yah, saudara kita bikin lagu yang liriknya sama dengan yang alkitab katakan? Apakah mereka terinspirasi dari Amsal 4:23 yah? Mungkin aja, coba kita tanyakan kepada Galileo, hehehe…

    “Jagalah hati mu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan” Amsal 4:23

    Mengapa hati harus dijaga yah?? Pertama, karena hati kita adalah tempat kediaman Allah, tempat Roh Kudus tinggal. Pernah denger lagu, yang liriknya kayak gini.

    Jadikan ku milik Mu

    Datang dan jadilah seperti yang Kau mau

    Slidiki aku, agar Kau tinggal di hatiku

    Tinggal dalam hatiku

    Ini tempat Mu, Tuhan

    Biar semua yang ku buat

    Membuka pintu untuk Kau datang

    Dan hatiku jadi

    Tempat seperti yang Kau mau

    Jadikan ku milik Mu

    Kedua, karena hati adalah sumber kehidupan, dari hati terpancar kehidupan. Dengan kata lain dari dalam hatilah akan terpancar perkataan, perbuatan, dan pikiran kita. Kita bisa melihat kekhawatiran yang berada di dalam hati seseorang dari cara dia berkata – kata, dari cara dia mengeluarkan pikiran melalui pendapatnya dan dari cara dia bertindak.

    “Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu” Amsal 27:19

    Ketiga, karena Allah mau pakai kita, makanya kita harus tetap jaga hati kita untuk tetap baik keadaannya. Seperti pelayanan mimbar, biasanya sebelum kita melayani kita pasti siapin diri dan jaga hati. Kalau gak, percuma kita melayani, tetapi hati kita gak ada damai sejahteranya. Pelayanan yang kita kerjakan juga hambar dan gak berdampak apa – apa. Seperti itulah, saat kita mau menjadi berkat buat orang lain, mau mendatangkan pemulihan untuk orang lain, hati dan diri kitalah yang harus dipulihkan terlebih dahulu.

    Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.” 1 Samuel 17:6

    Menjaga hati itu susah ??

    Hati itu cepat banget tersentuh, cepet banget terusik dan cepet banget berubah. Dalam satu hari aja kita bisa merasakan suasana hati yang berdeba – beda. Pagi – pagi bersemangat, bisa tiba – tiba lesu kayak orang yang baru patah hati. Orang yang tertawa, bisa tiba – tiba menanggis. Jadi bagiku,  hati itu bagai benda yang sangat sensitif yang jika disentuh dari arah yang berbeda, bisa menghasilkan reaksi yang berbeda pula. Entah itu sedih, senang, marah, BT, bimbang atau bersemangat.

    Hal – hal yang mempengaruhi sikap hati :

    • Kondisi / keadaan / lingkungan kita berada

    Contoh : saat kita bangun pagi dan bersemangat untuk bekerja, tapi tiba – tiba yang biasanya jalanan lancar jadi macet. Suasana hati kita pasti berubah, jadi BT dan gelisah karena takut telat. Atau pada saat kita mendengarkan sharing dari sahabat kita. Ketika dia mulai menanggis, tanpa sadar kita pun menitikan air mata dan mulai menanggis bersamanya (sebagian besar cewek kayak gini).

    • Manusia / Orang – orang disekeliling kita

    Dari orang yang dekat sama kita, orang yang baru kita kenal sampai orang yang gak kita kenal sekalipun dapat mempengaruhi kondisi hati kita. Contoh : Pada saat mengendarai motor dan secara gak sengaja ada orang lain yang memotong jalan kita yang menyebabkan kita berhenti mendadak. Seberapa banyak orang yang akan tetap tersenyum lalu melanjutkan perjalanannya. Pasti lebih banyak orang yang akan memaki – maki dan melanjutkan perjalanannya dengan amarah.

    • Kita sendiri yang bermasalah

    Gak ada angin, gak ada ujan dan gak ada badai, tiba – tiba ngambek. Kenapa hayo?? Kadang orang cuma diliatin aja udah marah – marah, katanya “Apa lu liat – liat ?” atau gampang tersinggung saat liat temennya bisik – bisik di depannya. Jadi ingat ilustrasi seorang hamba Tuhan tentang terasi. Dimana – mana bau terasi dan ia menyalahkan keadaan dan orang – orang disekelilinginya. Ia gak menyadari bahwa bau terasi itu menempel di hidungnya. Sering kali kita begitu menyalahkan keadaan, menyalahkan orang lain atas apa yang kita rasakan. Tanpa menyadari klo kitalah yang begitu sensitif.

    Sobat, apa yang aku bagiin ini, aku ambil berdasarkan pengamatan dan apa yang pernah aku alami sendiri. Solusi yang ku punya dan ku praktekan untuk menjaga benda yang sensitif ini untuk tetap baik keadaannya adalah Berdoa setiap hari, dimulai dari pagi hari. Aku selalu minta Tuhan untuk menjaga hatiku supaya aku gak punya hati yang gampang sedih, gampang sakit hati, gampang putus asa, gampang bimbang, dan hal – hal negatif lainnya. Tetapi supaya hatiku selalu ada kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran dan hal – hal lainnya yang Tuhan sukai. Tanpa pertolongan Tuhan aku tidak mampu. Baca Alkitab.

    “Semua Firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang – orang yang berlindung pada-Nya” Amsal 30:5

    Dengan membaca Firman Tuhan setiap hari, kita akan diingatkan untuk selalu bertindak hati – hati. Firman Tuhan akan menuntun dan menjaga kita untuk tetap baik keadaannya.

    Lontarkan kata – kata yang positif ke diri kita sendiri, perkataan mu itu berkuasa sobat. Bilang ke diri sendiri “Aku mampu gak marah – marah hari ini. Aku mampu tersenyum hari ini, meskipun punya segudang masalah”

     
    • tukangbakmi 11:11 am on March 31, 2010 Permalink | Reply

      (ga dipaksa komen sih, tapi dipaksa baca… T.T )

      Emang bener sih kudu jaga hati, pas masih jawab pertanyaan di GF gw suka telat ngasih jawaban soalnya kudu nunggu kondisi hatinya stabil. Kalo lagi ada masalah kan takut salah ngejawabnya.

      • richilia 11:00 am on April 1, 2010 Permalink | Reply

        Kominnnnn, dendanya jadi nambah 2 porsi bakmi, yak ^^

        • tukangbakmi 2:22 pm on April 1, 2010 Permalink

          Kok didenda lagi, udah dipaksa komen dipaksa baca..sekarang dipaksa nraktir bakmi? Tega ih rice…..

    • lunniey 11:05 am on April 1, 2010 Permalink | Reply

      Kalo untuk gua sendiri sih, faktor yang paling berpengaruh tuh yang urutan ke-3 alias dari diri gua sendiri^^ Makanya belajar buat ngalahin mood sndiri niyh ^^ harus sangkal diri! Yosh2!

      @Komin lu telat ngasih jawaban ke GF karena jaga hati apa mank pamalesan ko :0~

    • ladylovenf85 12:30 am on April 26, 2010 Permalink | Reply

      HEBAT…TUHAN YESUS SNGAT LUAR BIASA…

  • richilia 4:26 am on March 22, 2010 Permalink | Reply  

    FCF, 14 – 16 Maret 2010 

    Seperti video yang diputar ulang untuk beberapa kejadian yang tak terlupakan, aku mau membagikannya untuk sahabat – sahabatku. Kalau ada yang kurang atau kelebihan harap maklum itu membuktikan aku masih manusia biasa dan bukan video. Jika ada kesamaan tempat, nama tokoh dan karakter itu merupakan unsur kesengajaan, hehehe…

    Hari pertama, Minggu 14 Maret 2010

    Kami sampe lebih awal dari jadwal atau waktu yang udah diperkirakan, yaitu jam 10.30 am. Cuma ada satu kata yang terdengar ketika membuka pintu dan mulai melangkah melewati pintu rumah ini. “Bagus” menurutku itu kata yg cocok utk menggambarkan apa yang dimiliki rumah ini. Rumah ini cukup gede memiliki 5 buah kamar yang gede2 tp yg bisa dipake cuma 3 aja + kamar terbuka di tingkat dua, ada 2 kamar mandi yang cukup mewah tapi tanpa bathtub, trus ada meja makan lengkap dengan lemari, kulkas tanpa isi, wastafel dan dapur untuk memasak. Di ruang tamu yang luas ada kursi empuk, kursi goyang dan televisi untuk nonton bareng, ruang ini kami pake untuk ibadah dan tempat kumpul2. Lalu dibagian depannya ada 2 buah beranda yang luas, lengkap dengan lapangan basket, kolam ikan, saung untuk tempat duduk dan halaman yang luas banget. Hmm..rumah impian yah^^

    Berdoa bersama untuk menguduskan tempat dan seluruh aktifitas yang akan kita kerjakan selama FCF ini dipimpin oleh k’Ferry. Selanjutkan bagi2 kamar dan masak bersama. Saat itu tim masaknya adalah Aku, Dodo, k’Ria (sbg PJ), Siska dan Angel (membatu dengan sukarela) dengan menu makanan ; nasi goreng sipir penjara (yang penting bikin kenyang, sejarahnya dikasih nama itu karna cape banget bikinnya, ngaduk2 tuh nasi di wajan yang gedeeee banget, bayangkan masak bwt 26 org, untung aja ada Dodo ‘n Angel yang bagian ngaduk), telur dadar (k’ia ‘n yunita bagian potong2) & kerupuk (kerupuknya enak lho…klo mau beli hubungin k’oceph ya). Ibadah sesi pertama yang dipimpin oleh k’Ferry, saat itu khotbahnya ttg “Bersedia di remukan, di sobek dan diproses sama Tuhan” untuk lengkapnya nanti ini akan dibahas tersendiri oleh k’Ria, oke..oke.. Setelah itu Acara Bebas dan makan puding. Dalam acara bebas ini, macem2 dah kegiatan yang kita lakukan. Ada yang main musik, nyanyi2, main bola, main basket, main badminton dan ada juga yang main karambol. Note : Saat ini main tenis meja belum ngetern.

    Sebelum masuk sesi ke-2, kami makan lagi. Menu malam ini adalah nasi, sop, tempe goreng dan teh manis. Sesi ke-2 adalah acara nonton bersama, film yg kita tonton adalah ttg TRANSFORMASI yang terjadi di Cali, Columbia dan Negara Uganda. Gimana kedua Negara ini dilawat Tuhan secara luar biasa. Sobatku semua, kita perlu memiliki kesatuan hati untuk berdoa bagi bangsa kita yang tercinta ini dan berani jadi inspirasi untuk membawa suatu perubahan, supaya bener2 Tuhan pulihkan dan terjadi sebuah perubahan besar. Kita semua rindu bangsa ini mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan. Selanjutnya setelah sesi kami sharing di kamar, untuk sobat ceweknya, aku dipercayakan untuk memimpin. Thx Bapa aku dapat bagian dalam pekerjaan Mu ini. Tema sharing kami adalah “JAGALAH HATI” lain kali aku bahas yah dilain kesempatan.

    ZzzzzzZzZZZZzzzzzzZZZZZ ………….

    Hari kedua, Senin 15 maret 2010

    Sate bareng, temanya Tuhan punya tujuan yang istimewa untuk setiap kita anak-anak-Nya. Sebelum kita ada di dunia ini, Allah telah memiliki rancangan yang terbaik untuk kita, so hidup itu harus maksimal. Jangan hidup di bawah kapasitas yang telah Allah percayakan buat kita. Jangan hidup hanya untuk menyelesaikan siklus aja karna hidup kita ini berharga. Kejadian 1 : 26 – 28 dibaca yah^^

    Menu sarapan pagi ini adalah nasi uduk, telor dadar, tempe dan kerupuk. Setelah makan kita main games indoor, yaitu nyanyi2 pake gerakan yang dipimpin oleh k’Tian. Pertama kita nyani lagu “Satu anak Tuhan pergi sekolah minggu, Bapa Abraham, trus making melodies” Note : makin lama, makin gila, hehehe…

    Naik – naik ke puncak gunung, tinggi – tinggi sekali, yup kegiatan kita selanjutnya adalah Hiking. Yuk absent, sapa yg kagak ikut? K’ferry, k’Hotlas, k’Otep dan k’v2. kenapa ayooo kok gak ikut?? Mau doa aja, yowes. Mau kemana kita? mari kita katakan PETA, pertama kita melewati jalan setapak yang dikelilingi daun teh lalu melewati tanah becek lalu menyebrangi sungai yang airnya putih, besih dan dingin lalu melewati tanah berbatu yang memiliki ranjau, lalu melewati tanah yang naik turun gitu, lalu menyebrangi sungai lagi lalu melewati jalan yang terjal dan sampailah kita dijalanan beraspal yang luas, disana baru deh kita nemuin orang, motor dan mobil. Note : setiap tempat yang kita pijak selalu di foto, hahaha…

    Setelah hiking, lapeerrrr…menu makan siang hari ini adalah nasi, ayam goreng, cah toge dan sambel ala Maxi. Disini tim masaknya Aku, Dodo, Maxi dan k’Ria. Promosi lagi, hehehe…Note : Setiap tim masak, tim cuci piring dan tim bersih – bersih punya jadwalnya tersendiri.

    Sesi ke-3 “BE DIFFERENT” baca Yeremia 1 : 8 -10. Jadilah berbeda, mengapa? Pertama, karna kita memang berbeda. Kita bukan berasal dari dunia ini tetapi kita adalah warga kerajaan Allah yang memiliki integritas sebagai anak-anak Allah. Kedua, karna kita umat pilihan-Nya, kita adalah Israel – Israel rohani-Nya Allah. Ketiga, karna Allah menyertai kita, jelas berbeda antara orang yang mempunyai Allah dengan yang tidak. Setelah menjadi berbeda, next levelnya apa?? Pertama, mempertahankan karakter dan sikap berbeda yang kita miliki. Lebih sulit mempertahankannya sobat, ketimbang kita memulai untuk menjadi berbeda. Kedua, mengembangkan dan menularkannya kepada lingkup yang lebih luas. Ketiga, menjelaskan tujuan kepada sesama, mengapa dan untuk apa kita harus berbeda.

    Dinner, menunya adalah nasi, sayur bayem, naget, kopi atau susu dan singkong goreng. Setelah ini kita masuk ke sesi selanjutnya yaitu UNFORGETTABLE MOMENT, selalu berkesan dan ngerasain yang berbeda, padahal secara pribadi ini yang ke-3 kalinya buatku^^ setelah ini kita BABERKYU wah asikkkk..sambil makan sambil main tenis meja, gak kerasa jam 03.00 pagi baru tidur, hehehe…

    Hari terakhir, Selasa 16 Maret 2010

    Waktu cepet banget berlalu, gak kerasa udah hari terakhir. Sebelum kita games outdoor, kita breakfast bareng, menunya adalah bihun goreng, telur dadar dan kerupuk. Mmm….yummy. Games outdoor ini dipimpin oleh k’Ria dan Epi. Kami dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok ku punya nama LUKAS “LUcu dan tangKAS” yang beranggotakan k’Ocep, Dodo, Satria, Niki, Kim, Mbak Yu, Su dan Aku. Kami harus membuat yel2 dulu, untuk yang ini di sensor aja yah, karna memalukan banget, hahaha…

    Kaki kami diikat selang – seling dengan tali raffia. Kami harus berjalan kedepan untuk mengambil gulungan kertas yang berada di tumpukan terigu dan kami harus mengambilnya dengan mulut kami. Setelah dapat gulungan itu, kami membukanya dan mulai berlari untuk mengerjakan tugas yang sesungguhnya. Yaitu menyusun sebuah ayat alkitab dan sebuah gambar. Setelah itu kami harus berlari lagi dan wajib menghabiskan 3 butir telur dan 1 botol aqua dengan memakai sedotan yang panjang – panjang. Sulit tapi kami berhasil menjadi yang tercepat dengan kata lain kami memenangkan perlombaan ini. Penghargaan pertama yang kami dapat adalah kami berhak untuk melumuri tepung kepada kelompok yang kalah. Asik banget kan dan penghargaan kedua yang semua kelompok juga dapet adalah coklat. Makanan kesukaanku, hehehe…Untuk prakarya dimenangkan oleh Su, sobat kami yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Kartu ucapan unik, yang didalamnya ada cewek dengan pakaian kimono gitu. Yup ala Korea banget kayaknya.

    Dengan bahan makanan yang tersisa, kami berhasil membuat menu untuk makan siang hari terakhir ini. Setelah berkutat, entah berapa lama k’Ria, k’Yaya, Mbak Yu dan Aku berada disana, sampe –sampe kita gak ikut moment jurus rahasia itu. Yang dibawakan oleh Ko Min2, silakan lihat fotonya. Ketidakberadaan kami itu membuktikan kami sedang sibuk – sibuknya memasak. Hehehe…akhirnya jadi juga cah kangkung, telor dadar dan omeletenya. Note : untuk masak -masak yang terakhir ini, ada videonya lho^^

    Sharing yang sangat mengharukan dan doa yang luar biasa, itu mengakhiri kegiatan kami di FCF ini. Note : perjalanan di mobil kami habiskan untuk wawancara dgn Su, dengerin kesaksiannya Erwin, ketawa-ketawa bareng,  foto2, sharing dan sebagian tidur^^

    Tunggu cerita selanjutnya ….

     
    • tukangbakmi 5:52 am on March 22, 2010 Permalink | Reply

      ( di bawah paksaan rice, harus komen artikelnya >,< )

      Tapi FCF-nya emang berkesan kok, apalagi pas hiking sempet bingung jalannya mau kemana. Dan di malem hari pertama, gw +Tian+Ferry laper malem2 gara2 ngobrolin makananan ^^.
      Sayang lu masak pas gw ngajarin jurus yah, jurus rahasia dari 2000 taun lalu loh….

      • richilia 6:17 am on March 22, 2010 Permalink | Reply

        cape deh, aku gak maksa ko min2, pencemaran nama baik nih. Denda bakmie 1 porsi^^

      • lunniey 6:18 am on March 22, 2010 Permalink | Reply

        iya yang ngajarin juga umurnya dah sama kaya fosil phitecantropus erectus 😀 Rugi banget cee kaga diikutin ^^
        *btw ni giliran ma rice aja komennya positip yak, kayanya maren kesan2nya gak gini nih :0~~~

    • henrihnr 4:34 am on March 23, 2010 Permalink | Reply

      sayang gw ga ikut :(..ga ada gw ada yg kurang kan XD..

      • richilia 7:54 am on March 24, 2010 Permalink | Reply

        makanya lain kali ikut yah ^^ iyah emang ada yang kurang, bener – bener ada yang kurang, konsumsi kita jadi lebih terus, hehehe …

        • riuw 1:46 pm on March 24, 2010 Permalink

          ciieee henri sedih juga kan gak ikut 😀

          lain kali mudah2 an lu bs cuti yah bro 🙂

    • riuw 1:14 pm on March 24, 2010 Permalink | Reply

      mantab rice… =)
      yg di remuk di sobek udah di bahas n di kupas 😀
      ampe haboh si luniy masukin lagi ke artikel rohani anak muda, hadoohh tw gitu gak gw post it di sini, tp gak apalah lagian gw jg dah lama gak nuyis 😀

      di tgu kelanjutan’a rice, omelet yg gosong juga gpp di ceritain 😀

      • richilia 1:27 am on March 31, 2010 Permalink | Reply

        di tag di artikel rohani anak muda, mantap itu kak, jadi semakin byk org yg terberkati kan^^ ayo rajin2 nulis.

        yg gosong malah enak K’ia, rasanya gurih ‘n kremes – kremes

  • richilia 12:36 pm on March 10, 2010 Permalink | Reply  

    Asiknya kumpul sama anak-anak 

    Syalom all, thx bgt udah diajak bwt nulis bareng di wordpress ini^^ jadi tanpa membuang-buang kesempatan, kan udah di kasih kesempatan yach jd aku akan berusaha untuk menyediakan waktuku untuk mengisi wordpress ini dgn sesuatu yg  aku berharap bisa memberkati semua pembaca.

    Sharing kegiatanku di hari minggu, selain bangun pagi dan serentet kegiatan lainnya yg dikerjakan di rumah, kami pergi ke gereja yg jaraknya cukup ditempuh 30 menit jika mengendari motor dan diperlukan 1 jam jika mengendarai mobil ( plus minus ama macetnya). Cukup jauh yach^^ Walaupun dirumah udah ada yang namanya persekutuan pribadi kita sama Tuhan. Yup…dengan saat teduh yg kita lakukan, yang isinya nyanyi, doa dan baca Firman. Kita juga memerlukan persekutuan bersama dgn orang-orang percaya lainnya. Enaknya digereja selain bisa ketemu sama temen-temen, disapa, ditanyai kabarnya, wahh…alasan yg gak rohani bgt. Kalau punya alasan kayak gini bertobatlah, hehehe… Yang lebih penting disana kita bisa nyanyi bareng-bareng, muji Tuhan bareng-bareng, dan dengerin Firman Tuhan bareng-bareng plus kita dikasih pengertian yg lebih mendalam ttg apa yg kita baca, ini yg sangat penting. Coba klo sendirian, kan kadang kagak ngerti tuh apa makna ayat yg kita baca. So…yuk rajin-rajin ibadah, supaya kita lebih kenal sama Tuhan yg kita sembah. Apa kesukaannya? apa yg tidak Dia suka? dan bagaimana cara kita bersikap sebagai anak Tuhan yg seharusnya?

    Setelah ibadah, aku punya kegiatan untuk memimpin nyanyi anak-anak kecil. Yah gak kecil-kecil amat sih, mereka berusia 1 ampe 12 tahun. Selain usia segitu, gak boleh gabung yach.  Di sini nih asiknya, karna selain lagunya penuh kreasi (yah namanya jg lagu anak-anak), punya gerakan jg di setiap lagunya. Nyanyi sambil menari bareng anak-anak dan itu kami lakukan bwt Tuhan, wah terasa sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, ada juga hal yg membuat diri kamu…. Jika berniat melamar menjadi guru sekolah minggu, itu pilihan yg sangat tepat untuk mengembangkan karakter kamu yg bernama kesabaran. Wuiii…yg namanya anak-anak itu sangat aktif banget, kadang mereka akan berlari kesana kemari dan tidak menghiraukan mu meski kamu udah memanggilnya berkali-kali. Kadang mereka tidak mendengarkan nasihat mu, meski kamu dah berkali-kali bilang klo “berdoa itu harus lipat tangan dan tutup mata, gak boleh nengok-nengok” tapi tetap aja mereka akan gunakan mata mereka untuk mengintip-ngintip. Kadang mereka akan memotong pembicaraan mu, bahkan bisa mereka gantian bicara, saat km menceritakan sesuatu ttg Firman Tuhan atau story alkitab lainnya. Dan kadang mereka akan memperbaiki kata-kata mu, jika kamu salah mengucapkan satuuu kata aja. Tapi itulah asiknya…selain susah diatur sebenarnya mereka penurut dan suka hadiah. Semua tergantung cara mu menanganinya^^ Mmm…pokoknya apapun kegiatan mu lakukanlah semuanya seperti kamu melakukannya buat Tuhan, maka hal yg sulitpun akan terasa menyenangkan. God bless all

     
    • lunniey 8:31 am on March 11, 2010 Permalink | Reply

      Ich akhrnya rice nuyis juga^^ senangnyaaah… heeueuueue…
      Ouh rice ternyata jadi guru sekolah minggu juga yup.. Emang ngajarin anak2 kecil ituw melatih kesabaran, melatih tugas masa depan juga Ce! jadi ibu rumah tangga^^

      • rice apriliyanti 9:42 am on March 11, 2010 Permalink | Reply

        Karna sore kemaren tiba-tiba di tanyain sih jadi berpikir keras deh mau nulis apa, ha..ha..ha.. agak berlebihan nih. Kak, jgn sebut nama asliku donk, biar jd rahasia kita bertiga^^ Yup, naik jabatan setelah 4 tahun di sekolah minggu, 3 tahun di perkumpulan remaja, dan 2 tahun diperkumpulan pemuda he..he..he.. tp utk naik lg jadi ibu rumah tangga?? perjalanan masih panjang

        • lunniey 6:47 am on March 12, 2010 Permalink

          Bertiga?? Yang baca kayanya ada lebih dari 3 dah =)) eheuueueu… jadi manggilnya apa dums?? Richi yuh^^
          Yiaaah gak panjang2 amatlah perjalanannya.. bentar lagi 😛

c
Compose new post
j
Next post/Next comment
k
Previous post/Previous comment
r
Reply
e
Edit
o
Show/Hide comments
t
Go to top
l
Go to login
h
Show/Hide help
shift + esc
Cancel
%d bloggers like this: