MENITI TANGGA KEBERHASILAN

Hari senin dini hari seorang gadis manis putri specialnya Tuhan Yesus dengan kaki di bungkus sarung karena dingin, peluk guling, jantung yang deg-degan banget menonton tim kesayangannya La Furia Roja “spanyol” di final piala dunia 2010 melawan belanda. Pada akhirnya dengan perpanjangan waktu tim matador tersebut  dapat mencetak gol yang di cetak oleh Andres Iniesta di menit ke 116. Tumben yah bukan jagoan ku david villa yang nge gol-in. padahal doi itu seorang striker dan mulai dari awal pertandingan piala dunia sampai menuju final gol tunggal slalu dari david villa. Yah gimana mau nge go-in, semenjak melawan jerman di semifinal dan melawan belanda di final sang striker david villa di kepung abis. Jadi sering jatuhlah, sering gak bisa lari bawa bola kemana. Hahahaii gak terima sih gw soalnya pake system mengepung striker :p tapi namanya juga sebuah pertandingan, pasti menghalalkan segala cara untuk menang.

Aku sendiri walaupun espanol jadi tim favorit, gak terlalu yakin mereka bisa memenangkan piala dunia 2010. Tadinya perkiraanku yang menang tuh Brasil atau Argentina atau Jerman. Aku hanya mendukung espana(spanyol) mau mereka menang atau kalah, tetep spanyol :p. Alasannya sebenernya simple, semenjak aku melihat mereka bertanding di piala eropa tahun 2008 yang lalu, aku udah suka dengan cara mereka bermain dan itu yang menghantarkan mereka serta mereka layak menang.

Kalau artikel aku yang sebelumnya tentang point-point positifnya, sekarang aku mau bagiin langkah-langkah mereka meniti tangga keberhasilan. Disini gw akan lebih banyak kasi contoh melalui spain.

*semangat yang tinggi dari diri sendiri. Kata-kata “semangat” karena sering di ucapkan kedengerannya jadi biasa saja. Saat kita down atau bete’, temen-temen atau orang di sekeliling kitya akan berkata hal yang biasa ini yaitu “semangat ya”. Tanpa kita sadari kadang kita sangat mudah mengucapkan kata “semangat” kepada orang lain. Sekalinya menyemangati diri sendiri, susah bener rasanya :D. Seperti pelatih sepak bola, gw perhatiin banyak yang Cuma bisa teriak-teriak ngatur-ngatur pemainnya ketimbang kasi motivasi & solusi. Rasanya gak sama saat kita berjuang langsung dengan orang yang hanya nonton & ngoceh soal perjuangan kita. Yup, intinya kalau gw ngambil contoh dari spanyol, mereka punya semangat yang tinggi untuk meraih cita-cita mereka yaitu mengawinkan euro cup 2008 & world cup 2010.

*bangkit dari kekalahan. Siapa sih yang gak pernah merasakan pahitnya sebuah kekalahan atau kegagalan. Siapapun itu termasuk presiden kita pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan/kekalahan. Waktu spain melawan swiss pertandingan group H putaran pertama, spain kalah dengan skor 0-2. Akhir pertandingan melawan swiss, tim spain langsung masuk ninggalin lapangan. Terlihat wajah sang kipper ‘iker casillas’ yang terlihat malu dan kecewa serta menyesal banget bisa kebobolan dua gol. Disitu juga permainan spain jelek banget. Kerja samanya kurang. Dan yang paling mengejutkan karena kejadian ini kipper ‘iker casillas’ nyaris di pecat. What? Di pecat? Segitunya kah sampai harus di pecat? Kalau aku jadi casillas maybe bakal nangis kali yah. Tapi tidak buat sang kipper yang juga kapten dari kesebelasan spain ini. Namanya juga kapten berarti dia secara tidak langsung menjadi pemimpin dari kesebelasan tersebut. Pastinya casillas bangkit dari kekalahannya, dia motivasi temen-temennya dan pada akhirnya? Hasilnya sang kipper ‘casillas’ mendapat golden golve (sarung tangan emas). Casillas melewati rekor tidak kebobolan selama 277 menit dan secara keseluruhannya di afsel casillas membukukan rekor tim tidak kebobolan selama 433 menit. Guys, casillas ini orang yang nyaris di pecat loh. Tapi kahirnya karena bangkit dari kekalahan, dia menjadi kipper terbaik lagi dan baru casillas kipper pertama yang mendapatkan sarung tangan emas karena baru world cup kali ini ada istilash pemberian ‘golden golve’. Gak mudah, sangat teramat tidak mudah yang namanya bangkit dari kekalahan. Kalau aja aku sendiri mengalami seperti casillas yang tadinya nyaris di pecat, beh… belum tentu aku kuat menghadapi dan bangkit lagi. Wajar waktu pertandingan final usai dan dimenangkan oleh tim nya sendiri casillas sampai nangis terus. Pas pengangkatan trofi piala dunia karena doi kapten jadi dia yang angkat, eh nangis lagi tuh si cowok tampan :p hahaha, mata aku aja berkaca-kaca (lebay.com ^_^).

*tetap rendah hati. Del bosque (59 tahun) sang pelatih spain sosok orang yang tenang dalam pertadningan berlangsung. Kalau spain gol, Cuma dirinya yang paling cool ekspresinya. David villa aja bisa sampai guling-guling terlentang saking bahagianya dan personil yang lain juga. Tapi beda dengan Del Bosque. Sang pelatih juga sebelum pertandingan final berakhir dia bangkit dari kursinya lalu memeluk anggota staf pelatih dengan cara yang nyaris formal.kakek yang satu ini paling cool diantara pelatih-pelatih yang lain. Dia tidak pernah menjanjikan apapun jika timnya kalah. Harapannya hanya timnya bisa menang piala dunia dan membanggakan negara. Berhasilah dia membawa timnya serta negaranya untuk menang piala dunia pertama kali. Belum pernah menang sama skali soalnya. Keren banget deh. ^_^

*disiplin. Di Indonesia terkenal banget yang namanya jam karet. Dari segi waktu saja kadang aku orang yang kurang disiplin. Padahal waktu aku di didik dalam kegiatan pramuka, disiplin itu ada dua : yang pertama disiplin waktu & disiplin kerja. Displin waktu saja masih kurang, apalagi disiplin kerja, hehe. Piala dunia kali ini pemenang tim fair play yaitu spanyol. Spanyol pemainnya yang paling disiplin. Pastinya kalau yang nilai FIFA gitu mereka gak bakal salah nilai. Diliat dari disiplin waktunya dan kerja mereka. Dalam kerja mereka yang sudah pernah gw bahas sebelumnya team work itu sangatlah penting. Kalau portugal dan argentina sampai kalah, itu karena mereka kurang disiplin dan gak ada team worknya. Merasa jagoan jadinya main sendiri-sendiri. di koran-koran bola di nyatakan kepada christiano ronaldo(portugal) dan messi(argen) dengan judul “main bola rame-rame dunk”, haduh dalem juga yah kata-katanya. =) dengan disiplin yang tinggi dan kerja sama yang sangat baik david villa sang striker, iniesta-xavi-pedro di lini tengah(umpan) serta puyol-capdelvilla-alonso-ramos-pique-fabregas sang bek serta kipper casillas.

Keberhasilan pasti akan membawa dampak yang baik. Menjadi motivasi bagi yang lain juga. Gw aja gak habis piker. Dampak piala dunia itu banyak, sampai-sampai yah guys, perang aja berhenti. Ebuset perang aja berhenti gara-gara ada piala dunia. Para tentara-tentara pada nonton bola, semua-muanya, hahahaaii kocak bener. 4 tahun lagi gw pengen banget ke brasil untuk nonton pertandingannya langsung. Amin.. J

Masih banyak hal-hal yang bias kita pelajari dari meniti tangga keberhasilan. Mempunyai karakter yang kuat itu juga salah satunya. Jika udah mencakup ketiga hal di atas aja pasti udah mantab banget. Ketiga hal diatas sangat teramat bukan hal yang mudah. Tapi bukan berarti tidak bisa untuk dilakukan. Tergantung kemauan yang kuat dari dalam diri. Satu hal yang gak boleh kita lupa, bahkan hal yang satu ini harus kita lakukan yaitu selalu mengandalkan Tuhan. Seperti halnya saat daud menghadapi raksasa, gak bakal sanggup kalau daud gak mengandalkan Yesus. Untuk mencapai kualitas hidup yang maksimal, kita harus menapaki tangga keberhasilan. Dari yang paling bawah naik setahap demi setahap. Dari rintangan yang mudah hingga sukar diatasi. Dan kita mampu melakukannya karena Allah telah melatih dan mendidik kita. Saat ini mungkin kita masih di tangga paling bawah. Tapi gak apa-apa. Teruslah berjuang dan percayalah bahwa puncak tangga keberhasilan akan kita capai bersama dengan Tuhan.

Advertisements