anggota baruu ^^

perkenalkan anggota baru, hehe..
evi 🙂

gw nulis ini tanggal 21 april, tapi baru gw kirim tanggal 23 😀

hari yang menarik,
dimulai dengan pagi yang lucu deh, gw liat anak-anak SD pake baju daerah dalam rangka memperingati hari Kartini. Ada yang pake sarung + kumis boong2an, ada yang pake keris, ada juga yang pake tirai muka persis penganten betawi 😀 tapi yang paling lucu anak cewe dan cowo yang pake baju adat padang warna pink. Huwaaaa cute banget!!^^

kuliah pertama : teori sastra. MEMBOSANKAN!! biasanya, tapi hari ini beda 😀
hari ini tiap kelompok persentasi tentang feminisme, mulai dari sejarah, tokoh2nya, sampe pro dan kontra. Bukan cuma di bidang sastra, tapi pergerakan kaum perempuan secara global dan umum 🙂

kelompok pertama yang maju termasuk kelompok yang pinter, kritis, sekaligus nyolot!!
tapi ini yang gw harepin, yang maju bukan kelompok ece-ece yang kerjanya nyengar-nyengir duan di depan kelas, tapi yang bisa nambah ilmu gw, sekaligus ngasi tontonan seru atas nyolot-menyolot antar kelompok. Hahaha..

feminisme sendiri udah dimulai beratus tahun yang lalu, awalnya di Eropa, tapi gema’a kurang keras, jadi baru bener2 terasa di Amerika. Atas penindasan dan diskriminasi kaum pria, parempuan pun berjuang untuk persamaan hak dan derajat. Saat itu terdapat paham kalo perempuan itu dianggap rendah karna kesalahan mereka sendiri (what?!!) kerja perempuan cuma dapur, sumur, kasur. Ckckck..

Gereja juga pake acara dukung diskriminasi atas perempuan. Ngutip perkataannya Paulus dan Petrus (yang mana’a gw lupa xD) pokoknya seorang istri harus tunduk pada suami. Banyak tua-tua gereja pada saat itu yang pake alesan itu buat jadiin perempuan sebagai orang nomor dua
temen gw sempet ragu-ragu bilang itu didepan kelas, kata’a takut menyinggung salah satu agama (kata dosen gw : udah bilang aja, nama’a juga berbagi ilmu) betul itu!
kelompok ini rada ekstrem. Salah satu anggota kelompoknya (cewe pake kerudungan) teriak-teriak ngejelasin pendapatnya en berkali-kali teriak di depan kelas : SEKSUALITAS!! gw nyengir2 aja xD

kelompok dua,
tibalah acara tanya-jawab
pertanyaan temen gw : kalian setuju gak tentang gerakan feminisme? (sekedar info, kelompok dua ada empat cowo en satu cewe)
dua cowo jawab : gak setuju! He? gw langsung melotot.
alasan mereka gimana kalo perempuan ngelunjak en bukan hanya minta persamaan hak, tapi juga derajat yang lebih tinggi. Misalnya, kalo mereka minta mayat perempuan diposisikan kaya mayat laki-laki (gw sih gak tau banget, tapi kaya’a di muslim posisi mayat beda, mungkin karena derajat laki-laki perempuan beda?) pertanyaannya : emangnya mayat bisa request posisinya mau kaya gimana?!!
Terus feminisme berpotensi bikin banyak cewe jadi lesbian. hmm, bener juga ya…

Guys, kadang gw malu liat tingkah laku kebanyakan cewe-cewe zaman sekarang (kaya gw udah idup dari sejuta tahun cahaya yang lalu -_-‘) Baru beberapa hari yang lalu gw satu bis sama cewe pake rok mini, belahan kanan-kiri panjang pula, t-shirt ngepas, rangkul2an pula di bis nan sesak. Huuf, jujur gw jadi ngerasa kaum gw direndahkan. Banyak yang pacarannya gak sehat, sekali tembak, siapapun itu mau aja. Ada juga yang ngomongnya lebih kasar dari preman rawa mangun. Guys betapa beratnya perjuangan pejuang-pejuang feminisme (gak hanya perempuan, tapi juga laki-laki yang dukung gerakan ini), banyak penolakan, mungkin juga hinaan dan kekerasan yang mereka alami untuk generasi selanjutnya, ya kita-kita ini loh! Pernah gak kita mensyukuri kerja kerasnya Cut Nyak Dien, Dewi Sartika, Kartini, en pejuang-pejuang lainnya?? Terus, gimana dengan rasa hormat kita ke mama kita?

seperti rumah, laki-laki sebagai atap en perempuan sebagai tiang penyangga dalam rumah tersebut, harus ada kerjasama antara laki-laki dan perempuan. Well gals, apapun yang jadi tuntutan kaum perempuan, gerakan apapun yang menyokong persamaan hak, perempuan harus ingat kodrat mereka. menjadi Ibu. Itu berarti melahirkan, menyusui, membesarkan anak-anaknya dengan kasih sayang.

Perempuan. Asalnya dari kata empu en konfiks per-an. Empu dalam KBBI edisi ketiga balai pustaka (xD) berarti gelar kehormatan yang berarti ”tuan”. Betapa bangganya gw menyandang gelar kehormatan ini. Yap, gw bangga jadi perempuan!^^

nb : kuliah kedua PK.membaca, tugasnya bikin maping membaca kritis yang ribet dari artikel yang walopun dah gw baca berkali-kali, tetep kaga ngerti bener isi artikel’a xD :panci item:
jeda tadi, kelompok gw latihan perdana buat tugas apresiasi sastra yaituuuu musikalisasi puisi. Tadi’a gw cuma iseng2 bikin lagu’a di rumah, ehh ternyata lagu yang gw karang bebas dipake juga buat pelaguan puisi’a 🙂 hehehe.. :setrika merk kosmos:
kuliah ketiga salah satu MK favorit gw, DK.Menulis 😀 Tadi dijelasin tentang karangan narasi. Tugas : bikin dua paragrap satu scene tapi yang konflik’a naik, menarik, en imajinatif. Temen gw ada yang mo bikin tokoh utamanya pohon. Tiba2 gw dapetin ide, tokoh utama gw : seledri di mangkok bakso! Aha ^^v :kabel telepon:

Akhir kata, selamat hari Kartini ^^
Special thx buat sahabat2 perempuan gw yang udah jadi teladan untuk menjadi perempuan yang baik di mata Allah 🙂

Gbu all
_evi_

Advertisements