Dan Paradoks Terbesar…. 

Huy.. huy.. huy.. Nulis lagi akh^^ Dan tema tulisan gua kali ini mungkin akan sangat membosankan buat yang gak terlalu tertarik. Jadi siapin aja tiker ma bantal deket kalian kalo-kalo lo pada ketiduran bacanya..Β  Tapi tetep harus wajib dibaca sampe akhir +maksa xD+

dice

dice

Jadi gini louh gua akhir-akhir ini lagi seru-serunya nyari-nyari kalimat paradoks. Chihihihi gara-gara baca Gfresh yang edisi bulan Maret gua jadi tertarik banget tuh sama yang namanya paradoks. Apa sih yang dimaksud dengan paradoks? Paradoks adalah ketika sebuah pernyataan yang sudah diakui kebenarannya tapi pada saat pernyataan tersebut digabungkan dengan pernyataan lain yang juga sudah diakui kebenarannya ternyata malah menimbulkan pertentangan. Bingung? Chihihihi.. gua juga.. buat gua jauh lebih mudah mengerti mengenai paradoks kalo liat langsung dari contohnya..

Yuda bilang : “Saya sedang berbohong!” Kalo apa yang Yuda katakan benar, maka ia sedang berbohong. Tapi kalo dia sedang berbohong itu berarti pernyataan kalo dia sedang berbohong gak benar dong?
Kalimat serupa adalah :
Kata Bambang laki-laki itu pembohong.
Sedangkan si Bambang itu laki-laki. Kalo bambang laki-laki berarti dia sedang berbohong. Kalo dia lagi bohong berarti laki-laki bukan pembohong. Kalo laki-laki bukan pembohong, berarti bambang gak bohong. Kalo bambang gak bohong, laki-laki pembohong dong. Loh kok bertentangan?

“Kalimat ini salah.” Nah, coba pikir kalimat tersebut benar atau salah? Kalo kalimat itu benar, seharusnya kalimat tersebut mengandung kebenaran. Tetapi kalimat Β itu sendiri menegaskan bahwa kalimat tersebut salah. Jadi kalimat tersebut benar atau salah?

Paradoks Kebebasan. Yang namanya kebebasan itu sebenernya gak ada atau paradoks. Buktinya, misal ada satu prinsip : “Manusia mempunyai kebebasan untuk berbuat menurut kehendak.”
Konsekuensi logikanya ialah : “Siapa saja bebas menghapuskan prinsip kebebasan tersebut. ”

“Di dunia ini tidak ada yang pasti” adalah pandangan aliran Pyrrhonisme yang meragukan segala hal. Untuk membuktikan bahwa pernyataaan ini adalah sebuah paradoks, tanya aja sama dia. “Apa kamu yakin bahwa di dunia gak ada yang pasti?” Kalo dia jawab “Saya yakin bahwa di dunia ini tidak ada yang pasti.”
Itu artinya ia sendiri sedang menentang keyakinannya! Karena kalo dia yakin sama pernyataannya berarti dia baru saja memberikan contoh bahwa ada sesuatu yang pasti di dunia ini.

paradox

paradox

Sebenernya masih banyak banget contoh-contoh dari paradoks, kaya paradoks mesin waktu, paradoks kebahagiaan, paradoks kebenaran, paradoks maha kuasa, dsb. Yah cari sendiri deh kalo mau tahu.. ^^ Tapi sewaktu gua baca mengenai paradoks di majalah Gfresh, waktu itu gua jadi inget sebenernya bukan pertama kali gua mengenal paradoks. Dulu waktu baca bukunya Andrea Hirata yang judulnya Edensor, gua pertama kali memahami mengenai paradoks karena dia sempet di beberapa bab bukunya itu ngasih contoh mengenai paradoks.

Nah, waktu itu gua memahami paradoks hanya sebagai sesuatu yang kontradiktif. Tapi ternyata sekarang gua baru paham kalo semua paradoks menghasilkan kontradiksi, tapi tidak semua kontradiksi adalah paradoks.

Hohohoho…Β  Gara-gara baru paham Paradoks gua jadi ketagihan nyari bacaan yang ada paradoksnya. Sampe-sampe guaΒ  nyari ebook-ebook-nya G.K Chesterton yang dijuluki Pangeran Paradoks. Dia nulis banyak hal mengenai Kekristenan. Seneng banget tuh akhirnya ketemu! Dan sekarang gua lagi baca salah satu bukunya yang berjudul Orthodoxy – Buku yang sukses bikin gua bingung xD ++secara yaaa.. Inggrisnya itu loo tinggi banget… Lah gua baca buku bahasa Indonesia yang kalimatnya ketinggian aja dah puyenk++

Hmm… Tapi tau gak sih… Ternyata gua gak perlu repot-repot nyari buku-buku tentang Paradoks! Karena gua tuh sebenernya udah punya sebuah buku yang isinya KEREEEEEN abiss!! Banyak bangeeeeet Paradoksnyaaaaaaa!! Seruuuuuuu…!!! Dan gua yakin banget lo semua juga punya tuh buku… Apa itu? Yup! ALKITAB buuuuu…… Chihihihihi mantap banget dah ni buku.. ternyata selama ini tanpa gua sadari gua udah menerima Paradoks sebagai sesuatu yang menunjukkan bahwa otak manusia itu terbatas, bahwa ada banyak dalam hidup ini yang otak kita gak bisa nampung.

open_bibleMau tau apa aja Paradoks yang ada di Alkitab? Dari hal yang paling mendasar aja kaya dasar iman kita mengenai Allah Tritunggal, yang pengertiannya itu bukan 1 Allah trus jadi 3, bukan juga 3 Allah yang menjadi 1… Nah terus familiar dunk dengan ayat ini Amsal 11:24 Ada yang menyebar harta, tapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Nah coba deh kalo dipikirin.. Ayat ini Paradoks gitu.. kalo pake logika jelas-jelas kalimatnya bertentangan. Gak cuman ayat itu aja tapi masih banyak lagi contohnya.. kaya misalnya di Perjanjian Baru, Rasul yang paling sering menggunakan paradoks mungkin Rasul Paulus salah satu tulisannya II Kor 6:9-10 “.. sebagai orang yang tidak dikenal, namun terkenal; sebagai orang yang nyaris mati, dan sungguh kami hidup; sebagai orang yang dihajar, namun tidak mati; sebagai orang yang berdukacita, namun senantiasa bersukacita; sebagai orang miskin, namun memperkaya banyak orang; sebagai orang tak bermilik, sekalipun kami memiliki segala sesuatu.” Huaaa paradoks banget kan tuh? Gimana coba bisa jadi orang yang berdukacita tapi senantiasa bersukacita? Trus sebagai orang tak bermilik tapi memiliki segala sesuatu. Udah gitu Paulus juga ngasih salam seperti ini Filipi 4:7 “Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” Di sini Paulus mengatakan bahwa damai sejahtera yang dari Allah itu ternyata melampaui segala akal! Berarti emang apa yang Tuhan berikan sama kita itu gak terbatas sama pemikiran kita.. Dan inilah kunci kenapa Paulus bisa bersukacita di atas semua dukacitanya, karena dia memiliki damai sejahtera yang tetap yang berbeda dari dunia Yoh 14:7 “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

Huaaa pokoknya masih banyak deh paradoks-paradoks yang ada di Alkitab bahkan dapat dikatakan Yesus Kristus sendiri adalah Paradoks Terbesar yang ada di dunia ini. Dia yang adalah Tuhan, yang adalah juga manusia, yang adalah Juruselamat, yang adalah Raja, yang adalah Alfa dan juga Omega. Nyatanya, banyak orang yang gak perlu paham arti paradoks itu tapi bisa menerima Paradoks Terbesar. Sebuah bukti bahwa Allah berkuasa jauh di atas logika……

And The Greatest Paradox live in my life.. As I love Him with all my heart, my soul and my mind…. πŸ™‚

Advertisements