Did you Know??

akhirnya gw menjadi penulis yang ketiga di blog ini,,hehehe,,

gw mau bagiin sedikit pengalaman gw selama job training,,

langsung aj kali yaa,,,

pernah kah kalian tahu kapan dan bagaimana perusahaan jasa Hotel mengakui pendapatannya??

gw juga  baru mengerti dan dapat ilmu baru ini pada saat gw job training..

jadi begini,,pada waktu ada customer yang check-in ke hotel untuk menginap,,sebenernya Hotel tersebut belum mengakui transaksi tersebut sebagai suatu pendapatan, tapi masih mengakui transaksi tersebut sebagai suatu yang nanti akan dijadikan piutang,,pada saat check-in itu pun belum ada perjunalan mengenai piutang,,tp baru sekedar penerimaan deposit yang dilakukan oleh customer(itu pun kalau customer melakukan deposit di awal),,tapi kalo customer belum melakukan deposit,maka tidak ada penerimaan deposit yang diterima oleh hotel dari customer tersebut..

trus kapan dan bagaimana dunk hotel tersebut mengakui pendapatan??

sebentar,,sebelumnya, hotel pada bagian front office akan membuat dokumen mengenai customer yang bakal menginap di hotel tersebut..nama dokumennya guest folio (isinya mengenai data pribadi customer secara detail)…

trus nanti kan selama customer itu nginap di hotel tersebut, pasti customer itu kan bakal melakukan dan menggunakan setiap fasilitas hotel tersebut,,misalnya makan dan minum di buffet hotel tersebut.

misalkan : customer A check-in  tanggal 7april jam 9 pagi,,lalu customer A tersebut makan siang di Buffet,,nah,,transaksi customer A tersebut bakal ditambahin lagi didata guest folio yg dibuat tadi..

nanti setelah mencapai pukul 12 malam,,barulah hotel melakukan penjurnalan piutang(debet) pada pendapatan (kredit) berdasarkan transaksi yang dilakukan customer A selama tanggal 7 april dari jam 9 pagi s.d. 12 malam.

jadi intinya hotel mengakui pendapatannya pada saat pukul 12 malam(menuju hari berikutnya)..dengan kata lain, hotel mengakui pendapatannya pada cut-off satu hari setelah transaksi terjadi.

nanti dokumen guest folio itu bakal di print, untuk bukti di bagian piutang yang nanti bakal dijadikan pencatatan pada bagian piutang.

hal ini terus dilakukan sampai customer tersebut check-out dari hotel,

trus kapan dunk hotel terima duitnya??

nah,,hotel terima duitnya atau cash-nya pada saat customer check-out(ini kalau customer tidak melakukan deposit pada awal transaksi tadi), tapi bagi customer yang melakukan deposit pada awal transaksi(check-in) berarti hotel hanya menerima sisa yang masih harus dibayar oleh customer tadi.

nah pada saat itulah, hotel akan melakukan penjurnalan cash(debet) pada piutang(kredit),untuk membalik jurnal atas piutang yang telah gw sebutin tadi diatas.

jadi intinya,hotel mengakui pendapatannya bukan pada saat di awal(customer check-in) ataupun pada saat diakhir(customer check-out), tapi pada saat sehari setelah transaksi yang terjadi sebelumnya(cut-off pada pukul 12 malam).

nah,,kira-kira begitu lah sebagian cerita yang pengen gw bagiin bwat kita semua,,

semoga berguna yaa,,jadi kita semakin mengerti kapan dan bagaimana suatu perusahaan mengakui pendapatanya…

sukses selalu yaa,,mungkin lain waktu gw bakal bagiin cerita lagi,tapi gak tahu kapan,,hehehe., tunggu aja tanggal main nya,,,hehehe

sukses bro n sister.

GBU

Advertisements